Komunikasi Dan Produksi Ruang Kedai Kopi 66
Abstract
Tren kafe yang sudah menjamur di kota kediri menimbulkan banyak sekali
pengusaha- pengusaha kafe baru di area kediri. Di antara banyaknya kafe yang sedang
ramai dan digandrungi di kediri. Peneliti memilih Kedai kopi 66 sebagai objek
penelitian karena berlokasi di kawasan hutan pinus, Kedai Kopi 66 merupakan tempat
nongkrong dan ngopi di Kediri yang mulai berdiri sejak tiga tahun yang lalu, para
pendiri mampu mengubah ruang hutan pinus menjadi ruang untuk nongkrong dan
ngopi sehingga mampu mendatangkan banyak pengunjung dari kota kediri dan kota-
kota sekitarnya. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian etnografi, penelitian menggunakan konsep produksi ruang oleh Henri
Lefebvre untuk melihat komunikasi dalam praktik keruangan, representasi ruang dan
juga dalam pemaknaan ruang kedai kopi 66. Peneliti menemukan bahwa keberadaan
Kedai Kopi 66 ditimbulkan oleh komunikasi atau pertukaran- pertukaran informasi
para pendirinya dan juga orang- orang di dalamnya. Kedai Kopi 66 disetting secara
khusus oleh para pendirinya sehingga terbentuk ruang baru di kawasan hutan pinus
yang sebelumnya hanya digunakan untuk lahan pertanian
Collections
- Communication [949]