Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Implikasinya Terhadap Kinerja Pada UKM Batik Di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) pengaruh orientasi pasar terhadap
keunggulan bersaing pada UKM batik di Yogyakarta, (b) untuk mengetahui
pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pada UKM batik di Yogyakarta, (c) untuk
mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pada UKM batik di
Yogyakarta, (d) untuk mengetahui pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja
pada UKM batik di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian UKM batik di Yogyakarta.
Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 59 UKM batik di Yogyakarta. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Metode pengujian dan analisis data menggunakan SPSS: (i) Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap
keunggulan bersaing pada UKM Batik di Yogyakarta, (ii) inovasi produk
berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing pada UKM Batik di Yogyakarta,
(iii) orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja UKM pada UKM Batik di
Yogyakarta, (iv) inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja UKM pada
UKM Batik di Yogyakarta, (v) keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap
kinerja UKM pada UKM Batik di Yogyakarta.
Collections
- Management [4548]