dc.contributor.advisor | Dessy Isfianadewi,Dr.,S.E., M.M. | |
dc.contributor.author | AULIA RAHMAWATI | |
dc.date.accessioned | 2022-12-07T06:56:56Z | |
dc.date.available | 2022-12-07T06:56:56Z | |
dc.date.issued | 2022-06-24 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40861 | |
dc.description.abstract | Penelitian yang berjudul “Pengaruh Peningkatan Kualitas Layanan
Terhadap Service Level Agreement di Lingkup Kerja Bank Rakyat Indonesia Kanwil
Yogyakarta” Merupakan penelitian tentang kualitas pelayanan yang dilakukan oleh
Bank BRI Kanwil Yogyakarta terhadap penyelesaian pengaduan atau komplain
nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Mengetahui bagaimana
bagian layanan Bank BRI Kantor Wilayah Yogyakarta memproses komplain
nasabah dengan Service Level Agreement (SLA) yang telah ditentukan. 2)
Mengetahui bagaimana dampak peningkatan Service Level Agreement (SLA)
terhadap kualitas pelayanan.
Bank Rakyat Indonesia Kanwil Yogyakarta merupakan perusahaan di bawah
naungan Kantor Pusat Bank Rakyat Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan
studi kasus dan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Metode pengujian data yakni dengan triangulasi, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Rekomendasi untuk Bank Rakyat Indonesia Kanwil Yogyakarta adalah
meningkatkan kualitas layanannya dengan meningkatkan responsiveness dalam
layanannya yaitu memberitahukan nasabahnya sampai mana pengaduan atau
komplain sedang diproses, memastikan data atau dokumen apa saja yang
dibutuhkan oleh bank untuk memproses komplain atau pengaduan yang nasabah
ajukan sebelum nasabah mematikan telepon atau meninggalkan bank, dan
memberikan edukasi kepada nasabah bahwa bank membutuhkan nomor telepon dan
alamat nasabah yang jelas untuk membantu bank dalam proses penyelesaian
komplain atau pengad | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA | en_US |
dc.subject | komplain | en_US |
dc.subject | service level agreement | en_US |
dc.subject | kualitas layanan. | en_US |
dc.title | Pengaruh Peningkatan Kualitas Layanan Terhadap Service Level Agreement Di Lingkup Kerja Bank Rakyat Indonesia Kanwil Yogyakarta | en_US |
dc.Identifier.NIM | 18311441 | |