Analisis Peralihan Perilaku Konsumen Indonesia Terhadap Produk Sehat Lokal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peralihan
perilaku konsumen Indonesia terhadap produk sehat lokal. Sampel yang diambil
adalah masyarakat umum atau konsumen yang sudah memiliki pekerjaan dan yang
membeli healthy food products di Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini
sejumlah 105 konsumen produk sehat lokal. Metode yang digunakan untuk
pengambilan sampel menggunakan teknik penarikan purpossive sampling yaitu
sampel yang digunakan jika dalam upaya memperoleh data tentang masalah yang
diteliti memerlukan sumber data yang memiliki kriteria khusus berdasarkan
penilaian tertentu. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data structural
equation modeling (SEM) yang dioperasikan dengan menggunakan aplikasi AMOS
22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap konsumen berpengaruh positif terhadap niat beralih, norma subjektif konsumen berpengaruh positif terhadap niat
beralih, kontrol perilaku konsumen berpengaruh positif terhadap niat beralih,
pengaruh kontrol perilaku konsumen berpengaruh positif terhadap perilaku beralih,
niat beralih berpengaruh positif terhadap perilaku beralih, dan harga berpengaruh
positif terhadap niat beralih dan perilaku beralih. Keenam hipotesis penelitian ini
berpengaruh positif dan signifikan dengan masing-masing variabel.
Collections
- Management [4548]