Analisis Kontrol Diri Dalam Perilaku Konsumtif Dan Aktivitas Media Penggemar Nct (Nctzen)
Abstract
Adanya Korean Wave menghasilkan beberapa perilaku baru diantaranya
adalah perilaku konsumtif dan aktivitas media yang dilakukan oleh penggemar. Hal
ini juga dialami oleh penggemar salah satu boyband K-Pop NCT, NCTzen. Dalam hal
ini perilaku kontrol diri dibutuhkan agar individu tersebut tidak melakukan sesuatu
yang berlebihan. Oleh karena itu penelitian ini membahas tentang perilaku kontrol
diri yang dilakukan oleh penggemar K-Pop.
Penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling dengan metode
penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan anggota NCTzen Indonesia
dengan range usia 19 hingga 29 tahun sehingga didapatkan lima narasumber yang
termasuk kedalam kategori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi literatur.
Berdasarkan hasil wawancara ditemukan bahwa para penggemar termasuk
aktif melakukan aktivitas media untuk mencari informasi mengenai idolanya di media
sosial. Dalam hal ini, perilaku kontrol diri penggemar tergolong rendah karena
adanya rasa selalu ingin tahu mengenai info idolanya. Para penggemar dinilai mampu
mengolah informasi-informasi tersebut dengan bijak dan tidak termakan oleh berita
hoax. Menjadi seorang penggemar juga akan diberikan konten-konten dari idolanya
namun pada aktivitas ini perilaku kontrol diri cukup tinggi karena rasa tanggung
jawab terhadap pekerjaan di kehidupan nyatanya. Para penggemar juga dinilai
memiliki kontrol diri yang cukup baik dalam mengambil keputusan antara kegiatan
yang memberikan dampak negatif bagi individu. Selain itu, para penggemar juga aktif
melakukan projek branding seperti melakukan streaming lagu di aplikasi musik serta
memiliki perilaku konsumtif dengan perilaku kontrol diri yang berbeda-beda karena
dipengaruhi berbagai faktor.
Collections
- Communication [948]