Show simple item record

dc.contributor.advisorRatna Permata Sari, S.Ikom, MA
dc.contributor.authorAISYAH CITRA SABILAH
dc.date.accessioned2022-11-23T03:32:39Z
dc.date.available2022-11-23T03:32:39Z
dc.date.issued2022-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40566
dc.description.abstractAdanya Korean Wave menghasilkan beberapa perilaku baru diantaranya adalah perilaku konsumtif dan aktivitas media yang dilakukan oleh penggemar. Hal ini juga dialami oleh penggemar salah satu boyband K-Pop NCT, NCTzen. Dalam hal ini perilaku kontrol diri dibutuhkan agar individu tersebut tidak melakukan sesuatu yang berlebihan. Oleh karena itu penelitian ini membahas tentang perilaku kontrol diri yang dilakukan oleh penggemar K-Pop. Penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling dengan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan anggota NCTzen Indonesia dengan range usia 19 hingga 29 tahun sehingga didapatkan lima narasumber yang termasuk kedalam kategori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi literatur. Berdasarkan hasil wawancara ditemukan bahwa para penggemar termasuk aktif melakukan aktivitas media untuk mencari informasi mengenai idolanya di media sosial. Dalam hal ini, perilaku kontrol diri penggemar tergolong rendah karena adanya rasa selalu ingin tahu mengenai info idolanya. Para penggemar dinilai mampu mengolah informasi-informasi tersebut dengan bijak dan tidak termakan oleh berita hoax. Menjadi seorang penggemar juga akan diberikan konten-konten dari idolanya namun pada aktivitas ini perilaku kontrol diri cukup tinggi karena rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan di kehidupan nyatanya. Para penggemar juga dinilai memiliki kontrol diri yang cukup baik dalam mengambil keputusan antara kegiatan yang memberikan dampak negatif bagi individu. Selain itu, para penggemar juga aktif melakukan projek branding seperti melakukan streaming lagu di aplikasi musik serta memiliki perilaku konsumtif dengan perilaku kontrol diri yang berbeda-beda karena dipengaruhi berbagai faktor.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectKontrol dirien_US
dc.subjectperilaku konsumtifen_US
dc.subjectaktivitas mediaen_US
dc.subjectpenggemar dan NCTen_US
dc.titleAnalisis Kontrol Diri Dalam Perilaku Konsumtif Dan Aktivitas Media Penggemar Nct (Nctzen)en_US
dc.Identifier.NIM18321163


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record