Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Dalam Strategi Pemasaran (Studi Kasus Objek Wisata Ledok Sambi Ecoplayground Dalam Menarik Minat Pengunjung Sebelum Pandemi Covid-19 Dan Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021)
Abstract
Hadirnya pandemi covid-19 berdampak bagi sektor pariwisata melalui objek wisata yang
terdampak dengan sepinya pengunjung akibat pembatasan kegiatan masyarakat. Kota Yogyakarta
terkenal sebagai destinasi wisata memiliki banyak objek wisata alam seperti Ledok Sambi
Ecoplayground yang berada di daerah Kaliurang, tepatnya di Desa Sambi, Kabupaten Sleman.
Objek wisata Ledok Sambi Ecoplayground ikut terdampak covid-19 dengan sepinya pengunjung
sehingga harus mengambil strategi untuk kembali menarik minat pengunjung. Hadirnya pandemi
covid-19 mengharuskan untuk membatasi kegiatan masyarakat membuat interaksi masyarakat
berpindah melalui media online yaitu media sosial. Salah satu strategi yang digunakan Ledok
Sambi Ecoplayground dalam menarik minat pengunjung dengan memanfaatkan media sosial
sebagai sarana promosi, yaitu Instagram yang memberikan banyak kemudahan dan keunggulan
dibanding media sosial lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial
Instagram sebagai sarana promosi dalam strategi pemasaran objek wisata Ledok Sambi
Ecoplayground dalam menarik minat pengunjung pada masa pandemi covid-19 tahun 2021.
Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus untuk memaparkan
hasil dan temuan yang didapatkan.
Pada temuan penelitian, didapatkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana
promosi objek wisata Ledok Sambi Ecoplayground melalui beberapa strategi pemanfaatan yang
dilakukan, diantaranya melalui pengoptimalan fitur-fitur yang tersedia di Instagram seperti fitur
hashtag, arroba, multiple image, location, caption, Instagram story, Instagram reels, dan
sebagainya untuk penunjang konten yang berdampak pada menarik minat pengunjung. Beberapa
tahapan strategi yang dilakukan yaitu dengan tahapan perencanaan melalui pencarian ide konten,
tahapan pelaksanaan melalui produksi konten sesuai dengan konsep perencanaan dan proses
upload pada media sosial Instagram, tahapan terakhir yaitu evaluasi dengan melihat kekurangan
dari konten dengan bantuan fitur insight. Dalam menghadapi situasi pandemi covid-19, ada strategi
khusus dalam tahapan pelaksanaan yang diterapkan, diantaranya dengan semakin aktif dan rutin
memposting konten di media sosial Instagram lebih kreatif dan menarik lagi, me-repost unggahan
followers, memberikan kenyamanan informasi kepada pengguna Instagram dengan informasi
memadai.
Collections
- Communication [949]