Show simple item record

dc.contributor.advisorAnggi Arifudin Setiadi, S.I.Kom., M.I.Kom
dc.contributor.authorMUHAMMAD FAHMI SYAHRIZAL
dc.date.accessioned2022-11-21T07:06:53Z
dc.date.available2022-11-21T07:06:53Z
dc.date.issued2022-06-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40554
dc.description.abstractHadirnya pandemi covid-19 berdampak bagi sektor pariwisata melalui objek wisata yang terdampak dengan sepinya pengunjung akibat pembatasan kegiatan masyarakat. Kota Yogyakarta terkenal sebagai destinasi wisata memiliki banyak objek wisata alam seperti Ledok Sambi Ecoplayground yang berada di daerah Kaliurang, tepatnya di Desa Sambi, Kabupaten Sleman. Objek wisata Ledok Sambi Ecoplayground ikut terdampak covid-19 dengan sepinya pengunjung sehingga harus mengambil strategi untuk kembali menarik minat pengunjung. Hadirnya pandemi covid-19 mengharuskan untuk membatasi kegiatan masyarakat membuat interaksi masyarakat berpindah melalui media online yaitu media sosial. Salah satu strategi yang digunakan Ledok Sambi Ecoplayground dalam menarik minat pengunjung dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi, yaitu Instagram yang memberikan banyak kemudahan dan keunggulan dibanding media sosial lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana promosi dalam strategi pemasaran objek wisata Ledok Sambi Ecoplayground dalam menarik minat pengunjung pada masa pandemi covid-19 tahun 2021. Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus untuk memaparkan hasil dan temuan yang didapatkan. Pada temuan penelitian, didapatkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana promosi objek wisata Ledok Sambi Ecoplayground melalui beberapa strategi pemanfaatan yang dilakukan, diantaranya melalui pengoptimalan fitur-fitur yang tersedia di Instagram seperti fitur hashtag, arroba, multiple image, location, caption, Instagram story, Instagram reels, dan sebagainya untuk penunjang konten yang berdampak pada menarik minat pengunjung. Beberapa tahapan strategi yang dilakukan yaitu dengan tahapan perencanaan melalui pencarian ide konten, tahapan pelaksanaan melalui produksi konten sesuai dengan konsep perencanaan dan proses upload pada media sosial Instagram, tahapan terakhir yaitu evaluasi dengan melihat kekurangan dari konten dengan bantuan fitur insight. Dalam menghadapi situasi pandemi covid-19, ada strategi khusus dalam tahapan pelaksanaan yang diterapkan, diantaranya dengan semakin aktif dan rutin memposting konten di media sosial Instagram lebih kreatif dan menarik lagi, me-repost unggahan followers, memberikan kenyamanan informasi kepada pengguna Instagram dengan informasi memadai.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectpandemi covid-19en_US
dc.subjectpariwisataen_US
dc.subjectmedia sosialen_US
dc.subjectInstagramen_US
dc.subjectpromosien_US
dc.subjectledok sambien_US
dc.titlePemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Dalam Strategi Pemasaran (Studi Kasus Objek Wisata Ledok Sambi Ecoplayground Dalam Menarik Minat Pengunjung Sebelum Pandemi Covid-19 Dan Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021)en_US
dc.Identifier.NIM18321176


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record