Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Sma Angkasa Adi Sutjipto Yogyakarta Pada Materi Larutan Penyangga Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang
signifikan antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran menggunakan
model pembelajaran problem solving pada materi larutan penyangga terhadap
prestasi belajar siswa kelas XI SMA Angkasa Adi Sutjipto Yogyakarta tahun
ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMA Angkasa Adi Sutjipto
Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah dua kelas XI
IPA, kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas
eksperimen yang mana penentuan kelas dipilih secara diundi berdasarkan
kesamaan tingkat hasil prestasi belajar siswa antara kelas XI IPA 1 dengan kelas
XI IPA 2. Pengumpulan data melalui metode tes yaitu tes tertulis yang diberikan
setelah dilakukannya treatment yang disebut dengan posttest. Teknik analisis data
menggunakan statistika non parametrik dengan metode uji mann whitney.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran menggunakan
model pembelajaran problem solving terhadap prestasi belajar siswa kelas XI
SMA Angkasa Adi Sutjipto Yogyakarta pada materi larutan penyangga tahun
ajaran 2020/2021.
Collections
- Chemistry Education [324]