Show simple item record

dc.contributor.advisorKrisna Merdekawati, M.Pd
dc.contributor.advisorWidinda Normalia Arlianty, M.Pd
dc.contributor.authorEKA SETIANINGSIH
dc.date.accessioned2022-11-17T07:10:53Z
dc.date.available2022-11-17T07:10:53Z
dc.date.issued2022-06-28
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40499
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving pada materi larutan penyangga terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Angkasa Adi Sutjipto Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMA Angkasa Adi Sutjipto Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah dua kelas XI IPA, kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang mana penentuan kelas dipilih secara diundi berdasarkan kesamaan tingkat hasil prestasi belajar siswa antara kelas XI IPA 1 dengan kelas XI IPA 2. Pengumpulan data melalui metode tes yaitu tes tertulis yang diberikan setelah dilakukannya treatment yang disebut dengan posttest. Teknik analisis data menggunakan statistika non parametrik dengan metode uji mann whitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Angkasa Adi Sutjipto Yogyakarta pada materi larutan penyangga tahun ajaran 2020/2021.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectProblem Solvingen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.subjectLarutan Penyanggaen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Sma Angkasa Adi Sutjipto Yogyakarta Pada Materi Larutan Penyangga Tahun Ajaran 2020/2021en_US
dc.Identifier.NIM18614003


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record