Hubungan Kepercayaan Diri Terhadap Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Sma Negeri 1 Cangkringan Pada Pembelajaran Kimia Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang
signifikan antara kepercayaan diri dengan kemampuan berkomunikasi peserta didik
kelas X pada pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Cangkringan. Populasi yang
digunakan pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Negeri 1
Cangkringan. Sampel penelitian berjumlah 116 peserta didik. Metode sampling
yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan
teknik non tes berupa angket dalam bentuk Google Form. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan uji non parametrik yaitu uji spearman.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara kepercayaan diri dan keterampilan komunikasi pada pembelajaran
kimia peserta didik di SMA Negeri 1 Cangkringan dengan tingkat hubungan
korelasi sedang.
Collections
- Chemistry Education [324]