Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva,
profitabilitas, risiko bisnis, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap
struktur modal. Populasi dalam penelitian ini yaitu Sektor Industri Barang
Konsumsi selama periode 2019-2021. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini
menggunakan metode purposive sampling dengan sampel 30 perusahaan sub sektor
industri makanan dan minuman yang terdaftar di BEI dengan jumlah 90 data. Data
dianalisis menggunakan analisis regresi data panel. Pengumpulan data dalam
penelitian ini melalui laporan keuangan di Bursa Efek Indonesia. Hasil pada
penelitian ini menunjukkan bahwa struktur aktiva dan ukuran perusahaan
berpengaruh positif terhadap struktur modal. Profitabilitas berpengaruh negatif
terhadap struktur modal Sedangkan risiko bisnis dan pertumbuhan perusahaan tidak
berpengaruh terhadap struktur modal.
Collections
- Management [4703]