Pengaruh Konten Instagram @Jogjafoodhunter Terhadap Minat Beli Followers Dan Tingkat Popularitas Tempat Kuliner Di Kota Yogyakarta
Abstract
Jogjafoodhunter adalah nama pengguna yang berada di instagram dengan
konten berupa review kuliner yang ada di Kota Yogyakarta. Konten tersebut mampu
memicu banyak komentar dari para followers-nya. Mayoritas komentar yang
disampaikan berisi minat mereka untuk mencoba secara langsung produk kuliner dan
testimoni dari pengguna instagram lain yang lebih dulu menyambangi tempat kuliner
tersebut. Hadirnya komentar demikian, akan menambah keinginan followers akun
instagram @jogjafoodhunter untuk mendatangi dan merasakan produk kuliner yang
telah diunggah oleh akun tersebut. Bersumber pada hal tersebut, penelitian ini
memiliki tujuan untuk mengetahui serta menjelaskan pengaruh yang dihasilkan dari
konten instagram @jogjafoodhunter terhadap minat beli followers dan tingkat
popularitas tempat kuliner di Kota Yogyakarta.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif eksplanasi dengan
banyak sampel penelitian, berjumlah 100 responden. Menerapkan teknik
pengambilan sampel, yaitu non probability sampling, berupa purposive sampling,
dimana sampel yang dipilih sesuai karakteristik yang telah ditetapkan, yaitu
followers instagram @jogjafoodhunter. Penelitian ini menggunakan metode analisis
data, diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji korelasi, dan uji t.
Perolehan hasil uji dan analisa menjelaskan bahwa konten review kuliner yang
diunggah ke dalam platform instagram dapat menimbulkan reaksi pada audience,
yaitu minat melakukan pembelian dan meningkatkan popularitas tempat kuliner.
Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diperoleh hasil yang menyatakan
apabila kedua hipotesis yang digunakan pada penelitian ini dapat diterima. Hasil
yang diperoleh menunjukkan apabila variabel X (Konten Instagram) berpengaruh
terhadap variabel Y1 (Minat Beli Followers) dan Y2 (Tingkat Popularitas Tempat
Kuliner). Hal ini dibuktikan dengan hasil olahan data yang memperlihatkan besarnya
pengaruh yang timbul dari konten instagram terhadap minat beli followers, sebesar
61,2 % dengan 𝑡โ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 12.421, dan nilai probabilitasnya adalah 0,000 (0,000
< 0,05). Serta hasil dari pengaruh konten instagram terhadap tingkat popularitas
tempat kuliner, sebesar 56,6 % dengan 𝑡โ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 11.312 dan nilai
probabilitasnya, sebesar 0,000 (0,000 > 0,05).
Collections
- Communication [943]