Show simple item record

dc.contributor.advisorPuji Hariyanti, S.Sos.,M.I.Kom
dc.contributor.authorANGGRIANI NINDYA PUSPITA
dc.date.accessioned2022-11-08T08:06:57Z
dc.date.available2022-11-08T08:06:57Z
dc.date.issued2022-02-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40289
dc.description.abstractJogjafoodhunter adalah nama pengguna yang berada di instagram dengan konten berupa review kuliner yang ada di Kota Yogyakarta. Konten tersebut mampu memicu banyak komentar dari para followers-nya. Mayoritas komentar yang disampaikan berisi minat mereka untuk mencoba secara langsung produk kuliner dan testimoni dari pengguna instagram lain yang lebih dulu menyambangi tempat kuliner tersebut. Hadirnya komentar demikian, akan menambah keinginan followers akun instagram @jogjafoodhunter untuk mendatangi dan merasakan produk kuliner yang telah diunggah oleh akun tersebut. Bersumber pada hal tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui serta menjelaskan pengaruh yang dihasilkan dari konten instagram @jogjafoodhunter terhadap minat beli followers dan tingkat popularitas tempat kuliner di Kota Yogyakarta. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif eksplanasi dengan banyak sampel penelitian, berjumlah 100 responden. Menerapkan teknik pengambilan sampel, yaitu non probability sampling, berupa purposive sampling, dimana sampel yang dipilih sesuai karakteristik yang telah ditetapkan, yaitu followers instagram @jogjafoodhunter. Penelitian ini menggunakan metode analisis data, diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji korelasi, dan uji t. Perolehan hasil uji dan analisa menjelaskan bahwa konten review kuliner yang diunggah ke dalam platform instagram dapat menimbulkan reaksi pada audience, yaitu minat melakukan pembelian dan meningkatkan popularitas tempat kuliner. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diperoleh hasil yang menyatakan apabila kedua hipotesis yang digunakan pada penelitian ini dapat diterima. Hasil yang diperoleh menunjukkan apabila variabel X (Konten Instagram) berpengaruh terhadap variabel Y1 (Minat Beli Followers) dan Y2 (Tingkat Popularitas Tempat Kuliner). Hal ini dibuktikan dengan hasil olahan data yang memperlihatkan besarnya pengaruh yang timbul dari konten instagram terhadap minat beli followers, sebesar 61,2 % dengan 𝑡โ„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 12.421, dan nilai probabilitasnya adalah 0,000 (0,000 < 0,05). Serta hasil dari pengaruh konten instagram terhadap tingkat popularitas tempat kuliner, sebesar 56,6 % dengan 𝑡โ„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 11.312 dan nilai probabilitasnya, sebesar 0,000 (0,000 > 0,05).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKonten Instagramen_US
dc.subjectKulineren_US
dc.subjectMinat Belien_US
dc.subjectPopularitas Tempaten_US
dc.subjectJogjafoodhunteren_US
dc.titlePengaruh Konten Instagram @Jogjafoodhunter Terhadap Minat Beli Followers Dan Tingkat Popularitas Tempat Kuliner Di Kota Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM18321038
๏ปฟ

Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record