Peran Teknologi Dalam Penggunaan Media Sosial Dan Dampaknya Terhadap Umkm
Abstract
Perkembangan teknologi di era saat ini mengalami perubahan yang sangat
cepat sehingga mempengaruhi dalam hal berbisnis, salah satu contohnya adalah
penggunaan media sosial yang sangat luas oleh pelaku UMKM yang berada di
Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkup
teknologi dengan variabel manfaat relatif, kompatibilitas, efektivitas biaya,
jaminan struktural, dan interaktivitas dalam penggunaan media sosial dan
dampaknya terhadap kinerja UMKM. Pelaksanan penelitian disebarkan dengan
metode survei item kuesioner tertutup dan teknik purposive sampling di wilayah
Daerah Istimewa Yogyakarta, Klaten, dan Magelang yang memperoleh 100
responden sesuai kriteria. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan metode
PLS-SEM (Partial Least Square-SEM) dengan aplikasi SmartPLS versi 3.3.9.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel manfaat
relatif, kompatibilitas, efektivitas biaya, dan jaminan struktural tidak memberikan
pengaruh positif terhadap penggunaan media sosial, sedangkan variabel
interaktivitas memberikan pengaruh positif terhadap penggunaan media sosial
serta variabel penggunaan media sosial mempengaruhi secara positif kinerja
UMKM. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk dijadikan
bahan referensi dalam mengembangkan bisnis dengan mempertimbangkan
pengaruh manfaat relatif, kompatibilitas, efektivitas biaya, jaminan struktural, dan
interaktivitas dalam penggunaan media sosial serta dapat memberikan gambaran
kinerja yang diperoleh.
Collections
- Management [4548]