Fanwar Fandom K-Pop Secret Number
Abstract
Dunia musik yang sering terdengar di telinga masyarakat Indonesia, K-Pop
(Korean Pop) memiliki banyak peminatnya khususnya bagi girl group atau boyband yang
sering muncul dihadapan masyarakat luas. Salah satunya adalah girl group Secret Number.
Seiring berjalannya waktu, teknologi sekarang dapat memudahkan manusia memberikan
atau menerima informasi, khususnya dalam berkomunikasi jarak jauh. Interaksi
komunikasi virtual yang dilakukan di dalam fandom Secret Number dalam menghadapi
fanwar yang terjadi dalam perebutan trofi Rookie of The Year 2020. Penelitian ini
menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan teori pendekatan
netnografi. Penelitian ini melibatkan 4 orang narasumber yang berhubungan langsung
dalam fandom, 3 narasumber adalah anggota komunitas digital, dan 1 narasumber bukan
anggota komunitas digital, akan tetapi memiliki fan account yang cukup besar dan juga
berpengaruh dalam fandom. Komunikasi di dalam fandom ini memiliki pola komunikasi
secara 2 arah. Semua dapat memberikan feedback yang menjadikan komunikasi di dalam
fandom tidak putus dengan cepat. Dengan interaksi komunikasi digital, fandom mampu
menghadapi fanwar yang terjadi meski ada beberapa hambatan dikarenakan fandom
terbentuk secara virtual. Semaksimal mungkin fandom dapat mengawasi dan membatasi
hal-hal yang tidak diinginkan agar tidak terjadi konflik yang begitu dalam.
Collections
- Communication [944]