Show simple item record

dc.contributor.advisorSumekar Tanjung, S.Sos.,M.A
dc.contributor.authorRIFA RAMMAH CHALIFAH
dc.date.accessioned2022-10-07T03:31:06Z
dc.date.available2022-10-07T03:31:06Z
dc.date.issued2022-07-28
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39869
dc.description.abstractDunia musik yang sering terdengar di telinga masyarakat Indonesia, K-Pop (Korean Pop) memiliki banyak peminatnya khususnya bagi girl group atau boyband yang sering muncul dihadapan masyarakat luas. Salah satunya adalah girl group Secret Number. Seiring berjalannya waktu, teknologi sekarang dapat memudahkan manusia memberikan atau menerima informasi, khususnya dalam berkomunikasi jarak jauh. Interaksi komunikasi virtual yang dilakukan di dalam fandom Secret Number dalam menghadapi fanwar yang terjadi dalam perebutan trofi Rookie of The Year 2020. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan teori pendekatan netnografi. Penelitian ini melibatkan 4 orang narasumber yang berhubungan langsung dalam fandom, 3 narasumber adalah anggota komunitas digital, dan 1 narasumber bukan anggota komunitas digital, akan tetapi memiliki fan account yang cukup besar dan juga berpengaruh dalam fandom. Komunikasi di dalam fandom ini memiliki pola komunikasi secara 2 arah. Semua dapat memberikan feedback yang menjadikan komunikasi di dalam fandom tidak putus dengan cepat. Dengan interaksi komunikasi digital, fandom mampu menghadapi fanwar yang terjadi meski ada beberapa hambatan dikarenakan fandom terbentuk secara virtual. Semaksimal mungkin fandom dapat mengawasi dan membatasi hal-hal yang tidak diinginkan agar tidak terjadi konflik yang begitu dalam.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectFandomen_US
dc.subjectfansen_US
dc.subjectfanwar, komunitas digitalen_US
dc.titleFanwar Fandom K-Pop Secret Numberen_US
dc.Identifier.NIM18321156


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record