Analisis Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Peserta Kegiatan Kampus Mengajar Terhadap Peserta Didik Di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat)
Abstract
Kampus Mengajar menjadi wadah mahasiswa dalam menyalurkan bakat dan berkontribusi
kepada masyarakat. Dengan adanya program Kampus Mengajar membantu sekolah dalam
mengembangkan sistem pembelajaran literasi, numerasi serta adaptasi teknologi. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui tahapan Komunikasi Interpersonal yang dilakukan
mahasiswa Kampus Mengajar terhadap peserta didik. Hal ini dilakukan mengingat
program Kampus Mengajar telah terlaksana selama dua periode sehingga dibutuhkan
penerapan Komunikasi Interpersonal kepada mahasiswa supaya dapat mengatasi
permasalahan terhadap adaptasi lingkungan sekolah. Kabupaten Solok Selatan menjadi
lokasi penelitian karena merupakan daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) akibatnya
terdapat ketidaksamarataan akses bagi sekolah. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif yang didukung dengan teknik pengumpulan data yaitunya observasi
langsung ke sekolah, melakukan wawancara dengan empat orang mahasiswa, tiga guru,
dan tiga orang tua peserta didik serta mendapatkan dokumentasi untuk meninjau
Komunikasi Interpersonal mahasiswa peserta kegiatan Kampus Mengajar. Adapun yang
menjadi hasil penelitian terdapat, pertama, mahasiswa Kampus Mengajar berhasil dalam
melakukan komunikasi interpersonal kepada peserta didik, anggota tim dan guru. Dalam
memaksimalkan hal tersebut mahasiswa Kampus Mengajar melakukan beberapa tahapan
Komunikasi Interpersonal yaitunya, kontak, perkenalan, pertemanan dan tantangan. Kedua,
mahasiswa Kampus Mengajar memiliki strategi berbeda ketika melakukan Komunikasi
Interpersonal kepada peserta didik, anggota tim dan guru. Ketiga, mahasiswa Kampus
Mengajar memiliki beberapa hambatan diantaranya, saat berhadapan dengan peserta didik
yang kehilangan fokus dalam menerima materi pembelajaran dan permasalahan yang
ditimbulkan salah satu anggota tim kepada guru.
Collections
- Communication [943]