Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Mobile Payment: Memperluas Model Meta-Utaut Dengan Faktor Personal Innovativeness, Anxiety, Trust, Grievance Redressal
Abstract
Sistem pembayaran mobile adalah masa depan sebagai langkah menuju masyarakat
tanpa uang tunai. Di beberapa pasar, uang tunai sudah digantikan oleh transaksi
digital, tetapi konsumen di banyak negara berkembang lebih lambat dalam transisi
menuju pembayaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktorfaktor
penentu
utama adopsi pembayaran seluler konsumen di Indonesia, negara
dengan pelanggan seluler terbesar keempat di dunia. Penelitian ini mengadaptasi
model meta-UTAUT dengan variabel perbedaan sikap individu sebagai konstruk
inti dan memperluas model dengan konstruk terkait konsumen seperti inovasi
individu, kecemasan, kepercayaan, dan penanganan keluhan.
Pengujian model dan hipotesis dilakukan dengan menggunakan sampel 230
responden dengan populasiyang pernah menggunakan aplikasi sistem pembayaran
seluler melalui m-banking. Adapula Teknik pengambilan sampel dengan metode
non-probability sampling. Structural equation modelling (SEM) dan dilakukan
analisis menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan software SmartPLS
v.3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel inovasi individu,
kepercayaan, dan penanganan keluhan memiliki efek positif dan signifikan
terhadap sikap untuk menggunakan sistem pembayaran seluler. Namun kecemasan
tidak memiliki efek positif yang signifikan terhadap sikap untuk menggunakan
sistem pembayaran seluler.
Collections
- Management [4552]