Analisis Kualitas Pelayanan BPJS dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA)
Abstract
Pembangunan di bidang kesehatan merupakan bagian dari pembangunan nasional.
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS kesehatan adalah badan hukum public
yang berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat
Indonesia termasuk warga asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia.
Dalam penelitian ini difokuskan pada peningkatan kualitas kepentingan dan kepuasan
peserta BPJS yang ada di RSUD Haji Abdoel Madjid Batoe. Namun melihat fakta ini
tidak banyak pasien BPJS yang mengeluh kesulitan untuk mengakses ruang inap.
Rumitnya alur pelayanan BPJS kesehatan karena menerapkan alur pelayanan
berjenjang. Penilitian ini menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan
Potential Gain in Customer (PGCV) untuk mengetahui Tingkat Kepuasan dan
Kesesuaian dari pelayanan BPJS. Dari hasil analisa, pelayanan BPJS di RSUD Haji
Abdoel Madjid Batoe belum sepenuhnya baik karena terdapat 12 atribut yang belum
sesuai. Metode IPA dan PGCV bisa memberikan solusi yang baik, agar kedepan nya 12
atribut yang belum sesuai bisa di perbaiki dengan cepat.
Collections
- Industrial Engineering [2225]