Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Nasabah Perbankan Syariah Di Indonesia: Studi Pada Layanan Mobile Banking
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain tampilan, kualitas
sistem, kualitas layanan dan jaminan keamanan mobile banking terhadap loyalitas
nasabah perbankan syariah. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna aplikasi
mobile banking dari bank syariah dengan sampel yang sebanyak 190 responden.
Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif,
data diperoleh melalui penyebaran kuesioner melalui google form yang telah teruji
validitas dan reliabilitas indikator pertanyaan dari tiap variabelnya. Penelitian ini
menggunakan model analisis model persamaan struktural (SEM) Structural
Equation Modeling yang diolah menggunakan alat SmartPLS. Hasil analisis data
dalam penelitian ini menunjukkan interface design berpengaruh positif dan
signifikan terhadap system quality, interface design berpengaruh positif dan
signifikan terhadap security assurance, interface design berpengaruh positif dan
signifikan terhadap service quality, system quality berpengaruh positif dan
signifikan terhadap security assurance, security assurance berpengaruh positif dan
signifikan terhadap service quality, system quality berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalty, dan service quality berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalty.
Collections
- Management [4534]