Analisis Pengaruh Brand Image Aplikasi Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Berbelanja Online Dengan Variabel E-Wom Sebagai Intervening
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek aplikasi Shopee terhadap
keputusan pembelian konsumen dalam berbelanja online dengan variabel e-wom sebagai
intervening. Teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner dengan jumlah kuesioner
sebanyak 264 responden yang pernah menggunakan aplikasi Shopee untuk berbelanja online.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah Brand Image, variabel dependen dalam penelitian
ini adalah Keputusan Pembelian Konsumen. Sedangkan variabel intervening atau variabel
moderator dalam penelitian ini adalah E-Wom. Dan alat uji analisis yang digunakan adalah SPSS
dan Eviews10.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen, E-Wom berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. Namun variabel interaksi (CM X E-WOM) berpengaruh negatif dan tidak
signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehingga E-Wom tidak dapat memperkuat Keputusan
Pembelian Konsumen pada aplikasi Shopee.
Collections
- Management [4548]