The Model Of Online Donation Through Crowdfunding Platform: Case Study Of Kitabisa.Com
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong orang
untuk berdonasi di platform crowdfunding dengan memperkaya kajian empiris
terkait dengan karakteristik teknologi dan kampanye, status emosi dan kondisi
kognitif terhadap niat untuk berdonasi, khususnya dalam konteks platform
penggalangan dana, Kitabisa.com. Sampel dalam penelitian ini dikumpulkan
dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria potensial donator
di Indonesia yang bermain media sosial (netizen) dan mengetahui Kitabisa.com.
Penelitian ini berhasil mendapatkan 169 sampel yang selanjutnya dianalisis dengan
metode PLS-SEM. Secara keseluruhan, temuan menyatakan bahwa kualitas
platform dan storytelling secara positif memengaruhi empati. Selain itu, kualitas
platform dan persepsi kredibilitas juga berpengaruh positif terhadap niat untuk
berdonasi. Namun, bertentangan dengan sebagian besar penelitian sebelumnya,
empati tidak mempengaruhi niat untuk berdonasi. Temuan ini diharapkan dapat
memberikan implikasi dan kajian empiris terkait dengan potensi potensial donator
untuk berdonasi pada industry penggalangan dana online di Indonesia.
Collections
- Management [4552]