Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial, Kualitas Produk, Dan Pemberianbonus Terhadap Keputusan Menjalankan Bisnis Network Marketing (Analisis Structural Equation Modeling - Partial Least Squares)
Abstract
Manusia sebagai makhluk hidup tentu membutuhkan berbagai macam kebutuhan. Guna
mencukupi kebutuhan tersebut, manusia tidak hanya mengandalkan satu sumber penghasilan
atau gaji, melainkan dapat mencari sumber profit lainnya. Sebagai salah satu pelarian manusia
untuk menambah penghasilan dengan berbisnis network marketing, sebab bisnis bersistem
tersebut dapat dijalankan oleh berbagai latar belakang. Selain fleksibel waktu, bisnis network
marketing atau biasa disebut MLM juga fleksibel tempat. Perusahaan bersistem jaringan saat
ini banyak bermunculan di luar negeri maupun Indonesia, untuk itu setiap perusahaan harus
terus berinovasi dalam hal promosi, kualitas produk, hingga pemberian bonus. PT Srikandhi
Jayatama Indonesia merupakan salah satu perusahaan jaringan dari Solo yang menjualkan
produk Le Diamonds dalam bidang skincare dan healthycare. Namun berdirinya perusahaan
sejak 20 Juni 2019 telah menjualkan Le Diamonds ke 12 negara meskipun di awal tahun berdiri
dunia di landa pandemi Covid-19. Sehingga peneliti ingin meneliti strategi apa yang telah
dipakai perusahaan hingga munculnya puluhan ribu member, selain itu peneliti ingin
mengetahui apakah perusahaan selama ini hanya mengandalkan promosi dan pemberian bonus
hingga mengesampingkan kualitas produk? Sebab pada umumnya bisnis jaringan hanya
mengedepankan komisi besar bagi member daripada kualitas produk itu sendiri.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan paradigma
positivistik dengan pola pikir deduktif. Intrument penelitian yang digunakan berupa survey
dengan kuesioner online yang disebarkan secara daring. Jumlah sampel pada penelitian ini
adalah 161 sampel dengan teknik simple random sampling menggunakan teknik judgemental
sampling. Validasi dan reabilitas data dibantu menggunakan aplikasi SPSS. Kemudian untuk
metode analisis data menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Modeling –Partial
Least Square) yang prosesnya terdiri dari validitas konvergen dan diskriminan, reliabilitas, RSquare,
analisis
hubungan
signifikan
dan
arah
hubungan,
serta
evaluasi
model
dan
observasi.
Metode
ini digunakan untuk menganalisis arah hubungan promosi di media sosial, kualitas
produk dan pemberian bonus terhadap pengambilan keputusan menjalankan bisnis network
marketing Le Diamonds.
Hasil yang didapatkan adalah sebanyak 75% besar pengaruh hubungan antar promosi
di media sosial, kualitas produk, dan pemberian bonus berpengaruh signifikan terhadap
pengambilan keputusan menjalankan bisnis network marketing Le Diamonds, sisanya 25%
tidak diteliti pada penelitian ini. Hipotesis yang didapat hubungan antar promosi di media sosial
terhadap pengambilan keputusan secara langsung signifikan dan positif dengan nilai TStatistics
2,666
>
1,96
dan
koefisien
jalur
0,
298,
hubungan
antar
pemberian
bonus
terhadap
pengambilan
keputusan
signifikan
dan
positif
dengan
nilai
T-Statistics
5,002
dengan
koefisien
jalur
0,664, namun untuk hubungan antar kualitas produk terhadap pengambilan keputusan
tidak signifikan dan negatif dengan nilai T-Statistics 0,350 dan koefisien jalur -0,043.
Collections
- Communication [965]