Penerapan Praktikum Sederhana Pada Pembelajaran Sains Di Sd Negeri Emboan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan praktikum sederhana
pada pembelajaran sains di SD Negeri Emboan. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggambarkan
proses penerapan praktikum sederhana pada pembelajaran sains yang diterapkan
di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Emboan. Populasi penelitian adalah seluruh
peserta didik kelas IV SD Negeri Emboan tahun pelajaran 2021/2022 yang
berjumlah satu kelas sebanyak 31 peserta didik. Materi sains yang digunakan
dalam praktikum ini adalah pembuatan spiral untuk mengetahui perubahan energi
cahaya menjadi energi gerak, pembuatan lampu dari minyak goreng sebagai salah
satu energi alternatif dan materi pengenalan sifat-sifat cahaya. Proses penelitian
ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu : 1) persiapan dan perencanaan
pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) pengumpulan dan analisis data.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode
praktikum lebih menarik perhatian peserta didik sehingga memudahkan peserta
didik untuk memahami materi yang diberikan.
Collections
- Chemistry Education [324]