Show simple item record

dc.contributor.advisorBeta Wulan Febriana, M.Pd.
dc.contributor.advisorKrisna Merdekawati, M.Pd
dc.contributor.authorELMA PUJIANA
dc.date.accessioned2022-09-05T08:04:29Z
dc.date.available2022-09-05T08:04:29Z
dc.date.issued2022-02-22
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39044
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan praktikum sederhana pada pembelajaran sains di SD Negeri Emboan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggambarkan proses penerapan praktikum sederhana pada pembelajaran sains yang diterapkan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Emboan. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Emboan tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah satu kelas sebanyak 31 peserta didik. Materi sains yang digunakan dalam praktikum ini adalah pembuatan spiral untuk mengetahui perubahan energi cahaya menjadi energi gerak, pembuatan lampu dari minyak goreng sebagai salah satu energi alternatif dan materi pengenalan sifat-sifat cahaya. Proses penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu : 1) persiapan dan perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) pengumpulan dan analisis data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode praktikum lebih menarik perhatian peserta didik sehingga memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang diberikan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPenelitian deskriptifen_US
dc.subjectpraktikum sederhanaen_US
dc.subjectsainsen_US
dc.titlePenerapan Praktikum Sederhana Pada Pembelajaran Sains Di Sd Negeri Emboanen_US
dc.Identifier.NIM18614014


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record