Pengaruh Menu Restoran Online Terhadap Niat Beli Konsumen Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh daya tarik menu
visual, keinformatifan menu, persepsi risiko COVID-19, keinginan untuk makan,
kenyamanan yang dirasakan dari pemesanan secara online, niat beli di Indonesia.
Pengujian model dan hipotesis dilakukan dengan menggunakan sampel 266
responden dengan populasi yang pernah memesan makanan secara online di
Indonesia. Adapula teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive
sampling. Metode Structural Equation Modeling (SEM) dikembangkan untuk
menguji hipotesis penelitian yang diolah menggunakan AMOS versi 24.
Variabel data yang digunakan dalam hal ini antara lain daya tarik menu visual,
keinformatifan menu, persepsi risiko COVID-19, keinginan untuk makan,
kenyamanan yang dirasakan dari pemesanan secara online, niat beli di Indonesia.
Variabel-variabel ini membentuk enam hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian
diketahui bahwa daya tarik menu visual tidak berpengaruh terhadap keinginan
untuk makan, sedangkan keinformatifan menu berpengaruh positif terhadap
keinginan untuk makan. Persepsi risiko COVID-19 berpengaruh positif terhadap
keinginan untuk makan dan kenyamanan yang dirasakan dari pemesanan secara
online. Keinginan untuk makan dan kenyamanan yang dirasakan dari pemesanan
secara online berpengaruh positif terhadap niat beli.
Collections
- Management [4666]