Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi Kelas X Di Smait Darul Qur`An Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang
signifikan dalam capaian pembelajaran siswa kelas X SMAIT Darul Qur'an Bogor
pada tahun ajaran 2020/2021 ketika menggunakan model pembelajaran Problem
Solving versus model pembelajaran konvensional pada subjek reaksi reduksi
oksidasi. Seluruh mahasiswa kelas X IPA Darul Quran Mulia untuk tahun akademik
2020/2021 diikutsertakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan sampel
30 siswa dari dua kelas: kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 4
sebagai kelas eksperimen. Purposive sampling digunakan sebagai teknik sampling
dalam penelitian ini. Purposive sampling adalah teknik untuk memilih individu dari
suatu populasi berdasarkan kriteria tertentu. Data dikumpulkan menggunakan
pertanyaan pilihan ganda sebagai teknik Post-Test. Untuk data nilai posttest, teknik
analisis data untuk variabel aktivitas pembelajaran adalah Statistika Parametrik
Independent Sample T-Test. Menurut temuan tersebut, terdapat perbedaan yang
signifikan dalam capaian pembelajaran antara model pembelajaran Problem
Solving dengan model pembelajaran konvensional bagi siswa pada materi reaksi
reduksi oksidasi kelas X di SMAIT Darul Qur'an Bogor tahun ajaran 2020/2021.
Collections
- Chemistry Education [326]