Strategi Media Relations Humas Pemda DIY Dalam Penanganan Kasus Covid-19 Di Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Sepanjang tahun 2020 hingga saat ini dunia telah terserang oleh suatu wabah yaitu virus
Covid-19. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki kasus Covid-19
cukup banyak. Dalam situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak sekali berita hoax atau
informasi di media yang dapat membuat masyarakat cemas. Berdasarkan dari beberapa siaran,
berita tersebut dapat memecah publik.
Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui strategi media relations Humas
Pemda DIY dalam penanganan kasus Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Paradigma
dari penelitian ini adalah konstruktivisme menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi
kasus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam dengan
beberapa narasumber yang sesuai pada bidangnya beserta observasi yang dilakukan oleh
peneliti. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang ditemukan yaitu peran Humas Pemda DIY dalam aktivitas media
relations adalah memberikan informasi program kebijakan, memberikan edukasi publik untuk
mencegah berita hoax, serta memberikan informasi dan data secara transparan. Sedangkan
strategi media relations yang dilakukan oleh Humas Pemda DIY dalam penanganan kasus
Covid-19 yaitu terdiri dari 1) perencanaan strategi berbasis Satgas Covid-19, 2)
mengembangkan strategi berbasis Satgas Covid-19, 3) mengelola isu untuk mengembalikan
kepercayaan publik, 4) strategi mengelola isu aktual seputar Covid-19 berbasis data dan 5)
mengembangkan media center. Dalam kegiatan publikasi berkaitan dengan penanganan kasus
Covid-19, Humas Pemda DIY lebih memfokuskan pada media sosial meskipun tetap
menggunakan media massa meupun media konvensional.
Proses dari strategi media relations dalam penanganan kasus Covid-19 tersebut melalui
dua tahapan yaitu memperoleh sumber data dari Dinas Kesehatan dan mempublikasikan data
harian di media. Setelah melakukan beberapa strategi tersebut Humas Pemda DIY ada kegiatan
evaluasi termasuk evaluasi untuk mengatasi hambatan selama pelaksanaan media relations.
Kegiatan evaluasi humas dilakukan dengan koordinasi terkait isu-isu yang beredar.
Collections
- Communication [959]