Pengaruh Interaktivitas, Orientasi Kewirausahaan, Dan Tekanan Institusional Terhadap Penggunaan Media Sosial Serta Dampaknya Pada Kinerja Umkm
Abstract
Kemajuan teknologi mendorong perubahan dalam berbisnis yang ditandai
dengan masifnya penerapan media sosial oleh para pelaku UMKM di Indonesia.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel interaktivitas,
orientasi kewirausahaan, dan tekanan institusional dalam penggunaan media sosial
dan dampaknya ke kinerja UMKM. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik
purposive sampling dan metode survei dengan item kuesioner tertutup yang
dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Magelang, dan Klaten
sehingga diperoleh 110 dengan 100 responden yang memenuhi kriteria kuesioner.
Penelitian diuji dengan metode PLS-SEM (Partial Least Square-SEM)
menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.3.7. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa variabel interaktivitas, orientasi kewirausahaan, dan tekanan institusional
memberikan pengaruh positif terhadap penggunaan media sosial. Selanjutnya,
penggunaan media sosial juga memberikan pengaruh positif terhadap kinerja
UMKM. Hasil dari penelitian ini dapat dipakai oleh para pelaku UMKM sebagai
rujukan dalam mengembangkan dan memajukan bisnis yang dijalani dengan
mempertimbangkan pengaruh interaktivitas, orientasi kewirausahaan, dan tekanan
institusional saat menggunakan media sosial serta dapat menguraikan manfaat
kinerja yang diperoleh.
Collections
- Management [4560]