Analisis Perbedaan Rata-Rata Nilai Tes Bahasa Jepang Antar Tingkatan Dengan Pendekatan Kruskall-Wallis Multivariat (Studi Kasus : Hasil Ujian Peserta Didik Bunka Kenkyuukai, Yogyakarta Tahun Ajaran 2017-2021)
Abstract
Seiring dengan perkembangan kebudayaan luar negeri di Indonesia, maka
minat akan pendidikan bahasa asing meningkat, salah satunya bahasa Jepang. Bunka Kenkyuukai, sebagai salah satu lembaga kursus bahasa Jepang di Yogyakarta yang jumlah siswanya semakin meningkat setiap tahun, perlu evaluasi bahan ajar atau penilaian seiring dengan peningkatan jumlah siswa ini. Perbedaan kemampuan bahasa Jepang antar siswa fluktuatif karena dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya adalah semakin bertambahnya tingkat kesulitan seiring naiknya tingkatan belajar bahasa. Kursus di Bunka Kenkyukai memiliki beberapa tingkatan, dimana masing-masing tingkatan memiliki ujian pada akhir masa belajar berupa tes tertulis dan tes lisan. Pada penelitian ini dilakukan uji perbandingan rata- rata nilai tes tertulis dan lisan antar tingkatan untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai tes antar tingkatan. Dari hasil uji non parametrik menggunakan uji Kruskal Wallis Multivariat, dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai tes akhir pada masing-masing tingkatan.
Collections
- Statistics [900]