Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhammad Hasan Sidiq K, S.Si., M.Sc.
dc.contributor.authorVITA GRASELA HADJIDJAFAR
dc.date.accessioned2022-08-24T01:55:11Z
dc.date.available2022-08-24T01:55:11Z
dc.date.issued2022-04-13
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38818
dc.description.abstractSeiring dengan perkembangan kebudayaan luar negeri di Indonesia, maka minat akan pendidikan bahasa asing meningkat, salah satunya bahasa Jepang. Bunka Kenkyuukai, sebagai salah satu lembaga kursus bahasa Jepang di Yogyakarta yang jumlah siswanya semakin meningkat setiap tahun, perlu evaluasi bahan ajar atau penilaian seiring dengan peningkatan jumlah siswa ini. Perbedaan kemampuan bahasa Jepang antar siswa fluktuatif karena dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya adalah semakin bertambahnya tingkat kesulitan seiring naiknya tingkatan belajar bahasa. Kursus di Bunka Kenkyukai memiliki beberapa tingkatan, dimana masing-masing tingkatan memiliki ujian pada akhir masa belajar berupa tes tertulis dan tes lisan. Pada penelitian ini dilakukan uji perbandingan rata- rata nilai tes tertulis dan lisan antar tingkatan untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai tes antar tingkatan. Dari hasil uji non parametrik menggunakan uji Kruskal Wallis Multivariat, dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai tes akhir pada masing-masing tingkatan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectUji Kruskal Wallis Multivariat, Rata-rata Nilai Tes Bahasa Jepangen_US
dc.subjectUji Non Parametrik.en_US
dc.titleAnalisis Perbedaan Rata-Rata Nilai Tes Bahasa Jepang Antar Tingkatan Dengan Pendekatan Kruskall-Wallis Multivariat (Studi Kasus : Hasil Ujian Peserta Didik Bunka Kenkyuukai, Yogyakarta Tahun Ajaran 2017-2021)en_US
dc.Identifier.NIM15611111


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record