Pengaruh Orientasi Kewirausahaan (Entrepreneurial Orientation) Terhadap Kinerja Pengembangan Produk Baru Yang Dimediasi Oleh Inovasi Model Bisnis (Studi Empiris Pada Usaha Kecil Di Daerah Sleman Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan,
Kinerja Pengembangan Produk Baru, yang dimediasi oleh inovasi model bisnis .
dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah usaha kecil di daerah sleman
Yogyakarta. Jumlah sampel sebanyak 53 responden yang memiliki kriteria
dibawah 10 tahun umur ukm di daerah istimewa Yogyakarta. Data penelitian ini
diperoleh dengan menggunakan kuesioner secara survey online melalui google
form yang diberikan secara acak kepada para responden yang memiliki bisnis
kecil didaerah sleman. Teknik analisis data menggunakan ibm spss 21. Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa orientasi enterprenership berpengaruh positif
terhadap Kinerja Pengembangan Produk Baru, orientasi enterprenersip
berpengaruh positif terhadap inovasi model bisnis, inovasi model bisnis
berpengaruh positif terhadap Kinerja Pengembangan Produk Baru, inovasi model
bisnis secara positive memediasi hubungan antara orientasi kewirausahaan dan
kinerja pengambangan produk baru. Adapun teknik analisis yang digunakan
adalah analisis hierarchial regression analysis dengan pengambilan data
menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah adanya
pengaruh positif dari orientasi kewirausahaan , Kinerja Pengembangan Produk
Baru, dan inovasi model bisnis yang memediasi antara orientasi kewirausahaan
dan Kinerja Pengembangan Produk Baru.
Collections
- Management [4548]