Pengaruh Inovasi Terbuka Terhadap Kinerja Inovasi Pada Ukm Di Indonesia
Abstract
Banyak faktor yang dapat menjadi pendorong kesuksesan sebuah Usaha Kecil dan
Menengah (UKM), salah satunya dengan melakukan inovasi. Inovasi terbuka
merupakan salah satu strategi untuk UKM agar semakin berkembang. Inovasi
terbuka memiliki 2 pengukuran yakni inovasi terbuka external search breadth dan
inovasi terbuka external search depth. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh inovasi terbuka terhadap kinerja inovasi UKM di Indonesia. Sumber data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari IIS
2014 periode tahun 2011-2013. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis deskriptif dan analisis SEM menggunakan program olah data
AMOS. Dengan hasil inovasi terbuka external search breadth berpengaruh positif
terhadap inovasi produk, inovasi terbuka external search depth belum berpengaruh
signifikan terhadap inovasi produk, R&D Internal berpengaruh positif terhadap
Inovasi Produk, R&D eksternal belum berpengaruh signifikan terhadap Inovasi
Produk, praktik kerja sama belum berpengaruh positif terhadap inovasi produk,
inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja inovasi.
Collections
- Management [4539]