Peran Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dalam Mendorong Niat Beli Secara Online
Abstract
Perkembangan teknologi dan kondisi pandemi yang membatasi pergerakan masyarakat
memicu peningkatan penggunaan platform belanja online. Oleh karena itu, perlu
dianalisis lebih mendalam faktor-faktor yang meningkatkan minat beli online.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas website terhadap
EWOM dan pengaruh EWOM dan perspektif penerima terhadap kepuasan konsumen
dan brand image. Analisis juga dilakukan terhadap pengaruh kepuasan dan brand
image terhadap minat beli secara online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
menggunakan data primer dari penyebaran kuesioner terhadap 250 konsumen platform
belanja online. Data dalam penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan metode
SEM (Structural Equation Model) dengan software AMOS 24. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa kualitas website berpengaruh signifikan terhadap EWOM.
Selanjutnya perspektif penerima dan EWOM berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan konsumen dan brand image. Kepuasan konsumen dan brand image terbukti
berpengaruh signifikan terhadap minat beli secara online.
Collections
- Master of Management [408]