Evaluasi Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Listrik Pra Bayar (Studi Deskriptif Komparatif pada PT. PLN (Persero) UPJ Purwakarta Kota dan UPJ Plered)
Abstract
Fatma Santiawati, 08321015. Evaluasi Strategi Komunikasi dalam Sosialisasi Listrik
Pra Bayar (Studi Deskriptif Komparatif pada PLN UPJ Purwakarta Kota dan UPK
Plered). Skripsi Sarjana Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial
Budaya. Universitas Islam Indonesia. 2012.
PT PLN (Persero) pada tahun 2009 sudah mencanangkan penggunaan Listrik Pra
Bayar (LPB) yang ditujukkan bagi pelanggan listrik rumah tangga. Kebijakan baru
tersebut mulai disosialisasikan kepada masyarakat pada tahun 2010. PLN UPJ
Purwakarta dan PLN UPJ Plered pun merumuskan beberapa strategi komunikasi untuk
melakukan sosialisasi LPB. Strategi tersebut dirancang agar masyarakat mau beralih dari
listrik pasca bayar ke listrik pra bayar. Kedua kantor UPJ ini tidak memiliki Humas,
maka dengan keterbatasan tersebut mereka harus mampu menciptakan strategi
komunikasi dan implementasi yang baik agar target pencapaian pelanggan LPB
meningkat. Dalam penelitian ini penulis merumuskan tiga rumusan masalah, yaitu:
Strategi komunikasi apa yang dimiliki oleh kedua UPJ, bagaimana implementasi dari
strategi tersebut, dan bagaimana evaluasi strategi dilakukan. Untuk menjawab rumusan
masalah, peneliti menggunakan penelitian kualitatif.
Metode pengumpulan data yang digunakan ialah dengan mewawancarai pihak
PLN UPJ Purwakarta dan Plered, observasi, dan melalui dokumen. Penelitian ini pun
menggunakan triangulasi data dalam pengolahan data, hal tersebut dilakukan agar hasil
penelitian lebih valid dan objektif mengingat penelitian ini fokus di evaluasi, maka
penulis pun mewawancarai masyarakat sebagai pihak kedua dan salah satu staf PLN Area
Purwakarta sebagai penengah dan dianggap tahu banyak mengenai kedua UPJ.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan penting. Pertama, PLN UPJ
Purwakarta memiliki lima kegiatan sosialisasi yaitu Sarling, Gempungan, Minggon,
Tenant Pameran, Sosialisasi Media. Strategi komunikasi yang dilakukan terdiri dari
penggunaan media, penyesuaian bahasa, penyesuaian penyampaian, klinik edukasi, dan
sosialisasi interaktif. Implementasinya berjalan baik, namun pemanfaatan klinik edukasi
belum maksimal. Kini 32,5% pelanggan PLN UPJ Purwakarta Kota sudah menggunakan
LPB. Kedua, PLN UPJ Plered memiliki tiga kegiatan sosialisasi yaitu Sarling, Minggon,
Sosialisasi Media. Strategi komunikasi yang dilakukan terdiri dari penggunaan media
lokal, komunikasi persuasif, penyesuaian penyampaian, komunikasi dua arah. Saat ini
sebesar 85% pelanggan PLN UPJ Plered sudah menggunakan LPB, hal tersebut
dikarenakan strategi komunikasi persuasif berperan besar untuk membujuk dan
mengubah perilaku masyarakat.
Kata Kunci: PLN, Listrik Pra Bayar (LPB), Sosialisasi, Strategi Komunikasi,
Evaluasi
Collections
- Communication [942]