Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication) Pand’s Muslim Department Store Dalam Menghadapi Pesaing Di Yogyakarta
Abstract
Persaingan bisnis busana muslim di Yogyakarta sekarang ini semakin pesat sehingga
pihak perusahaan harus bisa mempertahankan bisnisnya. Dengan adanya persaingan bisnis
yang sekarang ini berkembang pesat maka diperlukan komunikasi pemasaran terpadu dalam
menghadapi pesaing. Komunikasi pemasaran terpadu merupakan sebuah konsep dimana
perusahaan dalam mencapai, menegakkan, dan menumbuhkan hubungan antara perusahaan
dengan pelanggan dan pihak terkait lainnya untuk menyampaikan pesan mengenai
perusahaan dan produknya. Pand’s Muslim Department Store memfokuskan segmentasi
pasar yaitu masyarakat muslim dan target pemasaran yaitu keluarga. Rumusan masalah yang
diangkat oleh penulis adalah yang pertama bagaimana strategi komunikasi pemasaran
terpadu Pand’s Muslim Department Store dalam menghadapi pesaing di Yogyakarta.
Rumusan masalah selanjutnya yaitu apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat
strategi komunikasi pemasaran terpadu yang di hadapi Pand’s Muslim Department Store
Yogyakarta.
Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis
pendekatan deskriptif kualitatif dengan harapan semua pertanyaan dapat terjawab dengan
baik dari responden dan sesuai dengan harapan melalui proses wawancara. Konsep yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu komunikasi pemasaran terpadu, dan perilaku konsumen
muslim. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran terpadu
dijelaskan mengenai periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, hubungan
masyarakat, penjualan personal. Hasil peneliltian ini menujukkan bahwa komunikasi
pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Pand’s Muslim Department Store adalah telah
melakukan pemasaran dengan cara-cara kreatif yang telah di terapkan oleh perusahaan,
seperti menggunakan media sosial Youtube, Instagram, Facebook, dan Twitter. Pand’s
Muslim Department Store juga menggunakan elemen-elemen yang ada dalam komunikasi
pemasaran terpadu dalam menghadapi pesaingnya di Yogyakarta.
Collections
- Communication [943]