Dampak Ekuitas Merek Dan Kualitas Web Seluler Terhadap Niat Menggunakan M-Commerce
Abstract
Penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisa penerapan model TAM yang di
kembangkan, dengan mengabungkan pengaruh ekuitas merek dan kualitas web seluler
sebagai penentu persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat yang digunakan
untuk memprediksi sikap dalam penggunaan serta niat menggunakan pada m-commerce
Traveloka. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat indonesia yang pernah
menggunakan produk layanan di m-commerce Traveloka. Kemudian metode pengumpulan
data dengan kuesioner online, sebanyak 270 kuesioner online yang valid dikumpulkan dan
selanjutnya diuji validitas dan reliabilitas dari masing-masing indikator. Teknik analisis
data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis structural equation modeling
(SEM) dan alat analisis data menggunakan aplikasi Lisrel versi 8.80.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan variabel
sikap dan persepsi manfaat terhadap niat menggunakan. Kemudian persespsi manfaat dan
persepsi kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap sikap. Selanjutnya persepsi
kemudahan terdapat pengaruh signifikan terhadap persepsi manfaat. Terkahir ekuitas
merek terdapat pengaruh signifikan terhadap persepsi kemudahan. Sedangkan ekuitas
merek terhadap persepsi manfaat, kualitas web seluler terhadap persepsi kemudahan dan
persepsi manfaat ditemukan tidak berpengaruh signifikan. Pada penelitian ini ditemukan
penemuan baru yaitu ekuitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap sikap dalam
penggunaan.
Collections
- Master of Management [408]