Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sampoerna A-Mild (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A-Mild di Fakultas Ekonomi UII. Prilaku konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain lingkungan, promosi, harga dan produk.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UII yang mengkonsumsi rokok Sampoerna A-Mild. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 50 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis regresi berganda.
Dari hasil analisis regresi yang dilakukan diperoleh persamaan sebagai berikut:
Y = 0,021X1 + 0,236 X2 + 0,331 X3 + 0,372 X4
Variabel produk memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sebesar 0,372, kemudian diikuti oleh variabel harga sebesar 0,331 dan variable promosi sebesar 0,236. Sedangkan variable lingkungan mempunyai pengaruh paling rendah dibandingkan variable lain sebesar 0,021. Pengujian hipotesis pertama dengan cara melakukan Uji-F, dapat diketahu bahwa keseluruhan variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen, sementara untuk pengujian hipotesis kedua menggunakan uji t dapat diketahui bahwa variable independen yaitu Produk (X4) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap variable dependen yaitu keputusan pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar 79,2% menunjukan bahwa variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variable independen dalam persamaan regresi berganda. Sedangkan sisanya sebesar 20,8% dijelaskan oleh variable lain diluar keempat variable yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Keputusan Pembelian, Lingkungan, Promosi, Harga, Produk
Collections
- Management [4703]