Analisis Komunikasi Pemasaran Melalui e-Commerce (Studi Deskriptif pada CV Palem Craft Jogja dan PT Gama Wisata)
Abstract
Eko Purwanto. 07331085. “Analisis Komunikasi Pemasaran Melalui e-Commerce
(Studi Deskriptif pada CV Palem Craft Jogja dan PT Gama Wisata)”. Skripsi Sarjana.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya,
Universitas Islam Indonesia. 2012.
Aktifitas promosi suatu produk barang atau jasa melalui internet dikenal dengan
istilah e-Commerce. Di Indonesia juga terdapat beberapa perusahaan yang telah
menjalankan sistem e-Commerce. Dua perusahaan yang dikategorikan sebagai perusahaan
dengan produk lokal yang telah memasarkan produknya ke manca negara dengan sistem e-
Commerce ini adalah CV Palem Craft Jogja (perusahaan penyedia produk) dengan
website-nya www.palemcraft.com, dan PT Gama Wisata (perusahaan penyedia jasa)
dengan website-nya www.gamawisata.com.
Bentuk-bentuk implementasi komunikasi pemasaran melalui e-Commerce adalah
dasar dari penelitian ini. Penelitian ini merumuskan masalahnya kedalam dua hal. Pertama,
“Bagaimana strategi dan implementasi komunikasi pemasaran melalui e-Commerce pada
CV Palem Craft Jogja ?” Kedua, “Bagaimana strategi dan implementasi komunikasi
pemasaran melalui e-Commerce pada PT Gama Wisata ?” Untuk menjawab rumusan
masalah tersebut peneliti menerapkan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk
melukiskan secara sistematis fakta, sehingga tercipta pemahaman yang mendalam tentang
wujud dari implementasi komunikasi pemasaran melalui e-Commerce pada perusahaan CV
Palem Craft Jogja dan PT Gama Wisata.
Temuan penelitian ini yaitu, pertama, penerapan strategi komunikasi pemasaran
melalui e-Commerce oleh CV Palem Craft Jogja dan PT Gama Wisata memberikan
keuntungan kepada perusahaan dari segi penjualan seperti, perusahaan dapat memperluas
pangsa pasar hingga keluar negeri dan menghemat biaya promosi. Konsumen juga
mendapatkan keuntungan dengan adanya sistem ini, seperti kemudahan mengakses
informasi, kenyamanan berinteraksi, dan pelayanan maksimal dari kedua perusahaan.
Kedua, CV Palem Craft Jogja dan PT Gama Wisata menggunakan mekanisme strategi
bauran pemasaran Intergrated Marketing Communication (IMC) untuk menjalankan
website perusahaan. Bauran pemasaran ini terdiri dari Periklanan, Promosi, Humas dan
Publikasi, Personal Selling, dan Direct Marketing. Hasilnya, terjadi peningkatan
pembelian produk dan jasa dari kedua perusahaan dengan persentasi terakhir di tahun 2011
untuk CV Palem Craft Jogja sebesar 93% dan untuk PT Gama Wisata sebesar 65%.
Ketiga, kedua perusahaan memiliki perbedaan tampilan website, perbedaan implementasi
strategi komunikasi pemasaran melalui e-Commerce dalam sistem transaksi online, yaitu
CV Palem Craft Jogja telah menggunakan sistem Cart sedangkan PT Gama Wisata belum,
Perbedaan kegiatan direct marketing, yaitu CV Palem Craft Jogja hanya menggunakan email
sedangkan PT Gama Wisata menggunakan Yahoo Messenger dan e-mail.
Keywords: Komunikasi Pemasaran, e-Commerce, Implementasi, CV Palem Craft
Jogja, PT Gama Wisata.
Collections
- Communication [943]