Show simple item record

dc.contributor.advisorIwan Awaluddin Yusuf, M.Si.
dc.contributor.authorEko Purwanto
dc.date.accessioned2022-05-10T06:00:34Z
dc.date.available2022-05-10T06:00:34Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37251
dc.description.abstractEko Purwanto. 07331085. “Analisis Komunikasi Pemasaran Melalui e-Commerce (Studi Deskriptif pada CV Palem Craft Jogja dan PT Gama Wisata)”. Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2012. Aktifitas promosi suatu produk barang atau jasa melalui internet dikenal dengan istilah e-Commerce. Di Indonesia juga terdapat beberapa perusahaan yang telah menjalankan sistem e-Commerce. Dua perusahaan yang dikategorikan sebagai perusahaan dengan produk lokal yang telah memasarkan produknya ke manca negara dengan sistem e- Commerce ini adalah CV Palem Craft Jogja (perusahaan penyedia produk) dengan website-nya www.palemcraft.com, dan PT Gama Wisata (perusahaan penyedia jasa) dengan website-nya www.gamawisata.com. Bentuk-bentuk implementasi komunikasi pemasaran melalui e-Commerce adalah dasar dari penelitian ini. Penelitian ini merumuskan masalahnya kedalam dua hal. Pertama, “Bagaimana strategi dan implementasi komunikasi pemasaran melalui e-Commerce pada CV Palem Craft Jogja ?” Kedua, “Bagaimana strategi dan implementasi komunikasi pemasaran melalui e-Commerce pada PT Gama Wisata ?” Untuk menjawab rumusan masalah tersebut peneliti menerapkan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk melukiskan secara sistematis fakta, sehingga tercipta pemahaman yang mendalam tentang wujud dari implementasi komunikasi pemasaran melalui e-Commerce pada perusahaan CV Palem Craft Jogja dan PT Gama Wisata. Temuan penelitian ini yaitu, pertama, penerapan strategi komunikasi pemasaran melalui e-Commerce oleh CV Palem Craft Jogja dan PT Gama Wisata memberikan keuntungan kepada perusahaan dari segi penjualan seperti, perusahaan dapat memperluas pangsa pasar hingga keluar negeri dan menghemat biaya promosi. Konsumen juga mendapatkan keuntungan dengan adanya sistem ini, seperti kemudahan mengakses informasi, kenyamanan berinteraksi, dan pelayanan maksimal dari kedua perusahaan. Kedua, CV Palem Craft Jogja dan PT Gama Wisata menggunakan mekanisme strategi bauran pemasaran Intergrated Marketing Communication (IMC) untuk menjalankan website perusahaan. Bauran pemasaran ini terdiri dari Periklanan, Promosi, Humas dan Publikasi, Personal Selling, dan Direct Marketing. Hasilnya, terjadi peningkatan pembelian produk dan jasa dari kedua perusahaan dengan persentasi terakhir di tahun 2011 untuk CV Palem Craft Jogja sebesar 93% dan untuk PT Gama Wisata sebesar 65%. Ketiga, kedua perusahaan memiliki perbedaan tampilan website, perbedaan implementasi strategi komunikasi pemasaran melalui e-Commerce dalam sistem transaksi online, yaitu CV Palem Craft Jogja telah menggunakan sistem Cart sedangkan PT Gama Wisata belum, Perbedaan kegiatan direct marketing, yaitu CV Palem Craft Jogja hanya menggunakan email sedangkan PT Gama Wisata menggunakan Yahoo Messenger dan e-mail. Keywords: Komunikasi Pemasaran, e-Commerce, Implementasi, CV Palem Craft Jogja, PT Gama Wisata.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKomunikasi Pemasaran, e-Commerce, Implementasi, CV Palem Craft Jogja, PT Gama Wisataen_US
dc.titleAnalisis Komunikasi Pemasaran Melalui e-Commerce (Studi Deskriptif pada CV Palem Craft Jogja dan PT Gama Wisata)en_US
dc.Identifier.NIM07331085


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record