Penerapan Model Predict Obsrve Explain (Poe) Pada Materi Reaksi Redoks Terhadap Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Peserta Didik Di Kelas X Smk N 1 Cangkringan Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) ada tidaknya perbedaan yang
signifikan antara penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE)
dengan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar peserta didik pada
materi reaksi redoks, 2) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara penerapan
model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dengan pembelajaran
konvensional terhadap minat belajar peserta didik pada materi reaksi redoks.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Posttest Only
Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian
ini menggunakan teknik purpose sampling. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran
2019/2020, dengan sampel penelitian dua kelas yaitu kelas X Agribisnis
Pengolahan Hasil Pertanian 3 dan X Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian 2.
Teknik pegumpulan data dilakukan dengan teknik non tes berupa angket. Teknik
analisis data menggunakan uji statistika parametrik tipe Independent Sample T-Test
untuk variabel motivasi belajar dan uji non parametrik tipe Mann-Whitney untuk
variabel minat belajar pada materi reaksi redoks. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa 1) Tidak ada perbedaan yang signifikan anatara penerapan
model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dengan model pembelajaran
konvensional terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi reaksi redoks
kelas X SMK Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran 2019/2020. 2) Tidak ada
perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Predict Observe
Explain (POE) dengan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar
peserta didik pada materi reaksi redoks kelas X SMK Negeri 1 Cangkringan Tahun
Pelajaran 2019/2020.
Collections
- Chemistry Education [324]