Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Industri Penerbitan Buku (Studi Deskriptif Pada Amara Books Dan Yudistira)
Abstract
Pungkas Kartika Putri, 06331001. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu
Pada Industri Penerbitan Buku (Studi Deskriptif Pada Amara Books
Dan Yudistira). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi,
Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam
Indonesia. 2012.
Penerbit atau penerbitan adalah industri yang berkonsentrasi
memproduksi dan memperbanyak sebuah literatur dan informasi atau sebuah
aktivitas membuat informasi yang dapat dinikmati publik. Penerbit bertugas
menerima naskah, selanjutnya mengolah (antara lain menyuntingnya), meminta
bantuan percetakan dalam menerima pesanan untuk mencetaknya menjadi buku
dalam jumlah tertentu, lalu mendistribusikan buku tersebut melalui toko buku
dan/atau agen penjualan. Sedangkan percetakan bertugas menerima pesanan
barang cetakan, memperbanyaknya, lalu menyerahkan hasilnya kepada pemesan.
Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan mendeskripsikan serta
membandingkan apa yang diterapkan pada bagian pemasaran dipenerbit
Yudhistira dan Amara Books dalam mengintegrasikan berbagai fungsi Integrated
Marketing Communications (IMC) yang meliputi proses periklanan, promosi
penjualan, public relations/publisitas, personal selling, pemasaran langsung,
sponsorship, dan pameran. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif
kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam pendekatan fenomenologi,
peneliti melakukan wawancara dan observasi secara langsung terhadap objek yang
diteliti. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga
hal utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian yang dilakukan menyimpulkan mengenai perbandingan
strategi Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Yudhistira dan Amara
Books. Kedua obyek penelitian tersebut memiliki beberapa perbedaan dalam
melakukan strategi komunikasi pemasaran. Perbedaan tersebut jika dicermati
disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : Perbedaan produk; Perbedaan
pangsa pasar; Luasnya jangkauan pasar; Jaringan pemasaran dan distribusi; dan
Media promosi. Berdasarkan faktor-faktor tersebut, maka aplikasi mengenai
Integrated Marketing Communications (IMC) yang dilakukan juga berbeda.
Dalam melakukan strategi dari komunikasi pemasaran terpadu, kedua penerbit ini
masing-masing mempunyai strategi sendiri-sendiri baik itu dalam personal
selling, periklanan, promosi penjualan, public relations dan publisitas, direct
marketing, sponsorship, dan pameran.
Kata kunci : Integrated Marketing Communications, Penerbit Yudhistira,
Amara Books
Collections
- Communication [943]