Show simple item record

dc.contributor.advisorIwan Awaluddin Yusuf, SIP., M.Si
dc.contributor.authorPungkas Kartika Putri
dc.date.accessioned2022-04-14T08:01:52Z
dc.date.available2022-04-14T08:01:52Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37139
dc.description.abstractPungkas Kartika Putri, 06331001. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Industri Penerbitan Buku (Studi Deskriptif Pada Amara Books Dan Yudistira). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2012. Penerbit atau penerbitan adalah industri yang berkonsentrasi memproduksi dan memperbanyak sebuah literatur dan informasi atau sebuah aktivitas membuat informasi yang dapat dinikmati publik. Penerbit bertugas menerima naskah, selanjutnya mengolah (antara lain menyuntingnya), meminta bantuan percetakan dalam menerima pesanan untuk mencetaknya menjadi buku dalam jumlah tertentu, lalu mendistribusikan buku tersebut melalui toko buku dan/atau agen penjualan. Sedangkan percetakan bertugas menerima pesanan barang cetakan, memperbanyaknya, lalu menyerahkan hasilnya kepada pemesan. Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan mendeskripsikan serta membandingkan apa yang diterapkan pada bagian pemasaran dipenerbit Yudhistira dan Amara Books dalam mengintegrasikan berbagai fungsi Integrated Marketing Communications (IMC) yang meliputi proses periklanan, promosi penjualan, public relations/publisitas, personal selling, pemasaran langsung, sponsorship, dan pameran. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam pendekatan fenomenologi, peneliti melakukan wawancara dan observasi secara langsung terhadap objek yang diteliti. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga hal utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan menyimpulkan mengenai perbandingan strategi Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Yudhistira dan Amara Books. Kedua obyek penelitian tersebut memiliki beberapa perbedaan dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran. Perbedaan tersebut jika dicermati disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : Perbedaan produk; Perbedaan pangsa pasar; Luasnya jangkauan pasar; Jaringan pemasaran dan distribusi; dan Media promosi. Berdasarkan faktor-faktor tersebut, maka aplikasi mengenai Integrated Marketing Communications (IMC) yang dilakukan juga berbeda. Dalam melakukan strategi dari komunikasi pemasaran terpadu, kedua penerbit ini masing-masing mempunyai strategi sendiri-sendiri baik itu dalam personal selling, periklanan, promosi penjualan, public relations dan publisitas, direct marketing, sponsorship, dan pameran. Kata kunci : Integrated Marketing Communications, Penerbit Yudhistira, Amara Booksen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectIntegrated Marketing Communications, Penerbit Yudhistira, Amara Booksen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Industri Penerbitan Buku (Studi Deskriptif Pada Amara Books Dan Yudistira)en_US
dc.Identifier.NIM06331001


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record