Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Tentang Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Di Rumah Makan Bebek Goreng H.Slamet (Asli) Cabang Yogyakarta
Abstract
Skripsi ini mengangkat judul “Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen
tentang Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan dan
loyalitas Konsumen di Rumah Makan Bebek Goreng H.SLAMET (ASLI) Cabang
Yogyakarta”. Secara garis besar skripsi ini membahas mengenai pengaruh
persepsi konsumen tentang kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga yang
diberikan Rumah Makan Bebek Goreng H.SLAMET Cabang Yogyakarta
terhadap kepuasan dan loyalitas konsumennya. Selain itu juga akan diteliti faktor
yang paling berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas konsumennya.
Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan yang ditujukan
kepada responden. Teknik pengambilan sampel yag digunakan dalam penelitian
ini adalah Non Probabilitas sampling (purposive sampling). Dengan
menggunakan kuisioner sebagai teknik pengumpulan datanya. Peneliti
mengajukan pertanyaan dimana responden menjawab dengan cara memilih
pilihan jawaban. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak
100 responden. Lokasi penelitian dan pengumpulan data adalah Rumah Makan
Bebek Goreng H.SLAMET di jalan Gejayan dan Ringroad Monjali.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi konsumen
tentang kualitas produk, persepsi konsumen tentang kualitas pelayanan dan
persepsi konsumen tentang harga sebagai variabel bebas dari kepuasan dan
loyalitas konsumen. Serta kepuasan konsumen yang menjadi variabel bebas dari
loyalitas konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi konsumen tentang kualitas
produk, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara positif terhadap
kepuasan dan loyalitas konsumen. Selain itu terdapat pengaruh positif antara
kepuasan dan loyalitas konsumen. Hal itu ditunjukkan oleh uji F dan uji T yang
menunjukkan hasil yang signifikan secara statistik. Melalui analisis determinasi
parsial dapat pula diketahui bahwa variabel kualitas produk menjadi variabel yang
paling berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.
Kata Kunci : Persepsi konsumen, kualitas produk, kualitas pelayanan, harga,
kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen
Collections
- Management [4548]