Media Sosial Dan Motivasi Mahasiswa Mengunjungi Klub Malam: Studi Pada Pengunjung Klub Boshe Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media sosial dan motivasi
mahasiswa pergi ke tempat dunia gemerlap malam (dugem). Kekuatan media
sosial dalam membangu mindset baru di khalayak umum khususnya mahasiswa.
Motivasi tersebut yang menjadi sebuah dorongan bagi para mahasiswa sekaligus
informasi yang memicu bagi mahasiswa pergi dugem.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode
dalam pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penyajian data dalam penelitian ini berupa deskriptif dan obyek penelitiannya
adalah mahasiswa Yogyakarta.
Hasil penelitian didapatkan bahwa motivasi mahasiswa datang di dugem
bermula dari media sosial yang memiliki pola komunikasi verbal tulisan dan
nonverbal dalam postingan video. Selanjutnya penelitian menunjukkan bahwa
media sosial memiliki uses and gratification dalam dua hal: 1) faktor internal
adalah kebutuhan biologis dan psikologis (basic needs, indivudal characteristis,
dan society characteristis). 2) faktor eksternal kehadiran mahasiswa yang
berkunjung ke tempat dugem uses and gratification yang berperan dalam media
masa yaitu: sharing/communication, social escape, and information.
Collections
- Communication [842]