Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Image Dan Minat Beli Produk Kosmetik E-Commerce
Abstract
Electronic word of mouth (E-WOM) dan Pemasaran Media Sosial (PMS) banyak
dimanfaatkan konsumen untuk menggali informasi mengenai suatu produk.
Informasi yang diperoleh dari berbagai sumber di internet akan mempengaruhi
persepsi konsumen terhadap citra merek, risiko dan mendorong minat beli
konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel electronic word
of mouth, dan pemasaran media sosial terhadap minat beli dengan brand image
sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling
pada 250 responden. Penelitian dilakukan pada seluruh masyarakat berwarga negara
Indonesia yang tertarik untuk membeli dan menggunakan kosmetik melalui
ecommerce serta sudah memiliki penghasilan. Metode yang digunakan adalah
Structural Equation Model dengan Software AMOS 24.0. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan
pada brand image dan minat beli, dan pemasaran media sosial berpengaruh positif
terhadap brand image dan minat beli serta signifikan terhadap brand image tetapi
tidak signifikan terhadap minat beli. Sedangkan brand image berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat beli.
Collections
- Master of Management [408]