Pengaruh Kualitas Hubungan Terhadap Loyalitas Merek Produk Kosmetik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Loyalitas Merek, ,
kesesuaian diri, norma sosial, kualitas informasi, dan interaktivitas terhadap
kualitas hubungan dalam membeli produk kosmetik. Dalam penelitian ini, populasi
yang digunakan adalah masyarat Indonesia yang menggunakan produk kosmetik.
Jumlah sampel sebanyak 256 responden yang memiliki kriteria 17-60 tahun yang
sudah pernah menggunakan produk kosmetik. Data penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan kuesioner secara survey online melalui google form. Teknik analisis
data menggunakan Structural Equation Model (SEM) pada program AMOS 22.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Loyalitas merek berpengaruh positif
terhadap kualitas hubungan, kesesuaian diri berpengaruh positif terhadap kualitas
hubungan, norma sosial tidak berpengaruh terhadap kualitas hubungan, kualitas
informasi berpengaruh positif terhadap kualitas hubungan, interaktivitas
berpengaruh positif terhadap kualitas hubungan. Setelah dilakukan analisis model
structural ditemukan 4 hubungan kausalitas yang direkomendasikan oleh Amos
agar tercipta model yang fit. Empat hubungan kausalitas tersebut yaitu Loyalitas
Merek memiliki hubungan positif terhadap kualitas hubungan, kesesuaian diri
memiliki hubungan positif terhadap kualitas hubungan, kualitas informasi
memiliki hubungan positif terhadap kualitas hubungan, Interaktivitas memiliki
hubungan positif terhadap kualitas hubungan.
Collections
- Management [4566]