Strategi Komunikasi Kehumasan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Yogyakarta Dalam Mengkampanyekan Program Anti Rokok
Abstract
Hary Ramdani. 07331103. Strategi Komunikasi Kehumasan Dinas Kesehatan
Pemerinta Kota Yogyakarta dalam Mengkampanyekan Program Anti Rokok.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya,
Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. 2012.
Kampanye Humas yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta
bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan khalayak sasaran untuk menarik
perhatian masyarakat baik mereka perokok aktif maupun mereka perokok pasif, sehingga
menimbulkan persepsi yang positif terhadap suatu kegiatan yang dilakukan oleh Dinas
Kesehatan Kota Yogyakarta. Peran seorang Humas memiliki strategi untuk bisa
meyakinkan publiknya sadar akan dengan adanya kampanye anti rokok yang dilakukan
oleh Dinas Kesehatan tersebut, mulai mereka merencanakan hingga evaluasi. Adapun
rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kampanye Humas yang
dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dalam mensosialisasikan bahaya rokok
bagi masyarakat serta bagaimana peluang dan hambatan yang dihadapi Dinas Kesehatan
Kota Yogyakarta dalam melakukan kampanye tersebut.
Metode yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah tersebut adalah
dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu memaparkan dan menggambarkan satu
persatu dari apa yang peneliti teliti. Dengan demikian peneliti mengungkapkan apa yang
dilihat, dialami dengan lebih detail dan lebih mendalam bertujuan menggambarkan secara
tepat sifat-sifat individu, kejadian, gejala atau kelompok tertentu atau untuk menentukan
frekuensi atau penyebaran suatu gejala yang ada hubungan tertentu antara suatu gejala
dimasyarakat.
Strategi kampanye yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta yaitu
dengan membuat aturan terlebih dahulu tentang kawasan dilarang merokok. Kedua
dengan cara Pemberdayaan Masyarakat. Ketiga pembiayaan Dan yang keempat yaitu
Penguatan SDM. Proses kegiatan Humas harus direncanakan dan itu merupakan proses
yang dipikirkan secara matang dan hati-hati. Proses tersebut juga memerlukan aktivitas
yang dilakukan secara terus menerus. Kampanye Humas yang dilakukan oleh Dinas
Kesehatan Kota Yogyakarta dalam menyosialisasikan bahaya merokok bagi masyarakat,
mulai dari Fact Finding, Planning, Organizing, Actuating dan Evaluating.
Ada beberapa strategi yang didalamnya bersangkutan terhadap peluang dan
hambatan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta antara lain Ekstensifikasi lembaga
yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, meningkatkan
implementasi dalam program kampanye anti rokok dengan lembaga, khususnya Quit
Tobacco Indonesia, mengoptimalkan kemampuan seluruh kegiatan yang dilakukan tim
promosi kesehatan untuk bisa mendapatkan penghargaan dan dana eksternal dari
pemerintah untuk melakukan program kampanye anti rokok dan pemanfaatan berbagai
kerja sama antara lembaga dan pemerintah yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota
Yogyakarta dalam mengurangi tingkat presentase perokok di Yogyakarta.
Kata Kunci: Dinas Kesehatan, rokok, kampanye, komunikasi, humas, strategi, pengkajian
data, perencanaan, organisasi, aksi, evaluasi, kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman.
Collections
- Communication [943]