Strategi Kreatif Program Feature Pada Televisi Lokal (Studi Deskriptif Strategi Kreatif Program “Nruthus” di Madiun TV dan Program “Sehari Di” di Arek TV Surabaya)
Abstract
DYAH PRATITA ANINDITA. 07331059. Strategi Kreatif Program Siaran
Pada Televisi Lokal (Studi Deskriptif Strategi Kreatif Program “Nruthus” di
Madiun TV dan Program “Sehari Di” di Arek TV Surabaya). Skripsi Sarjana.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial
Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2012.
Hadirnya televisi lokal di Indonesia, telah memberikan nuansa baru bagi
pemirsa televisi yang selama ini disuguhi tayangan-tayangan yang seragam dan
monoton dari stasiun-stasiun televisi nasional. Penelitian ini mengungkap strategi
kreatif yang digunakan oleh stasiun televisi lokal dalam era persaingan yang ketat.
Berdasarkan kerangka pikir tersebut, penelitian ini mengambil judul
Strategi Kreatif Program Siaran Pada Televisi Lokal (Studi Deskriptif Strategi
Kreatif Program “Nruthus” di Madiun TV dan Program “Sehari Di” di Arek TV
Surabaya). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan
membandingkan strategi kreatif program yang digunakan oleh televisi lokal.
Objek dari penelitian ini adalah Madiun TV dan Arek TV Surabaya. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan paradigma konstruktivisme.
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pengetahuan
bagi akademis maupun masyarakat dalam hal kajian Strategi Kreatif Program
Siaran pada Televisi Lokal.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, antara lain: a) Konsep
programming kedua stasiun televisi lokal tersebut menggunakan format dominant.
Yaitu ide cerita atau konsep dari sebuah pertunjukan merupakan kunci utama
keberhasilan program, sedangkan pemain dipilih untuk memenuhi persyaratan ide
cerita. b) Penerapan tahapan produksi kedua stasiun televisi lokal ini sudah sesuai
dengan tahapan proses produksi, dimulai dari merencanakan ide kreatif, proses
pengambilan gambar atau shooting, kemudian proses paska produksi yaitu
editing. c) Pembiayaan kedua stasiun televisi lokal ini berbeda, “Nruthus” di
Madiun TV dibiayai oleh perusahaan sepenuhnya sedangkan “Sehari Di” di Arek
TV berasal dari iklan yang masuk pada program tersebut. d) Strategi kreatif
programming kedua stasiun televisi lokal ini juga berbeda, “Nruthus” selalu
melibatkan penonton dalam penentuan ide cerita serta mempromosikan tayangan
yang akan datang lewat akun facebook “Nruthus”, sedangkan “Sehari Di” selalu
mengajak masyarakat sekitar ketika produksi berlangsung, mengemas tayangan
menjadi menarik dengan melakukan pengadeganan ringan dan diselingi humor.
Kata Kunci: tv lokal, programming, strategi kreatif
Collections
- Communication [943]